Monday, September 16, 2013

Apa itu karbohidrat?

Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Rumus umumnya adalah Cn(H2O)n. Karbohidrat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.


Monosakarida (karbohidrat sederhana) adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolis menjadi bentuk yang lebih sederhana. Monosakarida utama meliputi glukosa, fruktosa dan galaktosa.



Dimana monosakarida ditemukan?

Karbohidrat monosakarida ditemukan pada hewan dan tumbuhan, yakni :
  1. Glukosa ditemukan di dalam sel darah hewan 
  2. Fruktosa ditemukan pada buah-buahan 
  3. Dan galaktosa ditemukan di dalam susu
Disakarida tersusun daru dua monosakarida. Contoh disakarida antara lain sukrosa, laktosa dan maltosa. Jika dihidrolis, sukrosa akan menghasilkan glukosa dan fruktosa, laktosa akan menghasilkan glukosa dan galaktosa, sedangkan maltosa akan menghasilkan dua molekul glukosa. Sukrosa merupakan pembentuk hampir 99% gula pasir yang kita konsumsi sehari-hari, laktosa ditemukan di dalam susu, sedangkan maltosa terdapat pada biji yang sedang berkecambah.
Polisakarida (karbohidrat kompleks) menghasilkan lebih dari 6 (enam) monosakarida jika dihidrolis. Contohnya antara lain amilulm, selulosa dan glikogen.
Pati atau amilum adalah karbohidrat yang terdiri dari sejumlah besar glukosa unit bergabung bersama oleh obligasi glikosidik . Ini polisakarida diproduksi oleh semua hijau tanaman sebagai menyimpan energi. Ini adalah karbohidrat paling penting dalam diet manusia dan terkandung di dalam seperti makanan pokok seperti kentang , gandum , jagung (jagung), padi , dan ubi kayu . * sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Amilum
Selulosa merupakan senyawa organik dengan rumus (C6H10O5)n, sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus hingga lebih dari sepuluh ribu ikatan β(1→4) unit D-glukosa. Selulosa merupakan komponen struktural utama dinding sel dari tanaman hijau, banyak bentuk ganggang dan Oomycetes. Beberapa spesies bakteri mengeluarkan itu untuk membentuk biofilm. Selulosa adalah senyawa organik yang paling umum di Bumi. Sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa (isi selulosa dari kapas adalah 90% dan dari kayu adalah 40-50%). Selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia, hanya dapat dicerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase. * sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Selulosa
Glikogen adalah salah satu jenis polisakarida simpanan dalam tubuh hewan.Pada manusia dan vertebrata lain, glikogen disimpan terutama dalam sel hati dan otot.Glikogen terdiri atas subunit glukosa dengan ikatan rantai lurus (α1→4) dan ikatan rantai percabangan (α1→6).Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin (salah satu jenis pati) tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap 8-12 residu. Ketika permintaan gula dalam tubuh meningkat maka glikogen akan dihidrolisis oleh sel. Namun, cadangan energi ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam jangka lama. Misalnya pada manusia, glikogen simpanan akan terkuras habis dalam waktu satu hari kecuali bila dipulihkan dengan mengonsumsi makanan. * sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Glikogen

Mana yang lebih baik, sumber karbohidrat monosakarida atau sumber karbohidrat polisakarida?

Walaupun karbohidrat dapat membuat kita merasa kenyang, pada kenyataannya dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat sderhan (monosakarida) akan membuat kita cepat merasa lapar dibandingkan dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks (polisakarida). Hal ini dikarenakan pencernaan dan penyerapan karbohidrat sederhana (monosakarida) karena karbohidrat kompleks (polisakarida) harus dihidrolis dulu menjadi bentuk yang lebih sederhana agar bisa diserap oleh tubuh. Jadi menurut kalian mana yang lebih baik?

Sumber referensi :
  • Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk Kelas X. Bandung : Yrama Widya
  • http:??id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.