Monday, September 16, 2013

Apa itu Protein ?


Protein terdapat dalam semua sel hidup, mengandung unsure karbon, hydrogen, oksigen dan nitrogen. Hewan membuat protein dari apa yang mereka makan sedangkan tumbuhan memperoleh protein dari air, tanah dan garam-garam mineral.

Protein dibedakan menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Contoh makanan sumber protein antara lain susu, telur, ikan dan kacang-kacangan. Beberapa fungsi protein bagi tubuh adalah sebagai berikut :

  1. Protein adalah bahan yang digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  2. Protein juga sebagai bahan pembentuk senyawa kimia seperti enzim yang berperan penting dalam mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh.
  3. Protein dapat menjadi sumber energi
  4. Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel
  5. Protein berfungsi sebagai Media perambatan impuls syaraf. Protein yang mempunyai fungsi ini biasanya berbentuk reseptor, misalnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.
  6. Penunjang fungsi mekanis dalam tubuh

Asam amino adalah unsur-unsur yang membentuk protein. Kumpulan asam amino di sebut sebagai protein. Sebagai contoh sederhana pengandaian : sebuah bangunan bisa diartikan sebagai protein, sedangkan semen, batu-bata, atap, jendela, pintu, kayu dan bahan2 yang membentuk bangunan tersebut bisa diibaratkan sebagai asam amino.

Asam Amino sendiri di bagi menjadi 3 jenis :
1. Asam amino essensial.
2. Asam amino nonessendial.
3. Asam amino essensial bersyarat.

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapat dari konsumsi makanan. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang bisa diprosuksi sendiri oleh tubuh, sehingga memiliki prioritas konsumsi yang lebih rendah dibandingkan dengan asam amino esensial. Asam amino esensial bersyarat adalah kelompok asam amino non-esensial, namun pada saat tertentu, seperti setelah latihan beban yang keras, produksi dalam tubuh tidak secepat dan tidak sebanyak yang diperlukan sehingga harus didapat dari makanan maupun suplemen protein
.* sumber : http://papaji.forumotion.com/t4400-kegunaan-asam-amino

Sumber referensi :
  • Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk Kelas X. Bandung : Yrama Widya
  • http://papaji.forumotion.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.