Monday, September 23, 2013

Tingkat Organisasi Kehidupan : Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

“Kali ini biologi kelas x sma .blogspot.com akan membahas mengenai organisasi kehidupan tingkat jaringan. Materi ini dibahas dengan maksud agar kalian dapat mengagumi keteraturan dn kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup”

Jaringan merupakan gabungan dari sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi del yang sama. Jaringan ditemukan pda organisme bersel banyak (multiseluler). Jaringan yang terdapat pada organism, baik itu organisme kelompok hewan maupun tumbuhan. Berikut penjelasan macam-macam jaringan yang terdapat pada hewan dan tumbuhan :

1. Macam-macam jaringan pada hewan
Jaringan yang terdapat pada hewan ada beberapa macam, diantaranya jaringan epitel, jatingan saraf, jaringan otot, jaringan ikat, jaringan rangka dan jaringan darah.
  •  Jaringan Epitel Jaringan epitel terdiri dari sel-sel epitel yang saling berhubungan. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung (proteksi), kelenjar, penerima rangsangan dan sebagai pentu gerbang dari lalu lintas zat.
  • Jaringan Saraf Jaringan safaf terdiri dari sel saraf yang berfungsi untuk menerima dan menghantarkan rangsangan.
  • Jaringan Otot Jaringan otot merupakan jaringan yang memiliki serat-serat yang panjang yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif dan sebagai penunjang tubuh.
  • Jaringan Ikat Jaringan ikat berfungsi sebagai zat untuk menyatukan jarangan-jaringan menjadi organ dan menyatukan berbagai organ menjadi sistem organ.
  • Jaringan Rangka Jaringan rangka tersusun dari berbgai macam sel tulang. Jaringan ini berfungsi sebagai alat gerak pasif.
  • Jaringan Darah Jaringan darah merupakan jaringan yang tersusun dari sel-sel darah.sel-sel darah ini memliki struktur dan fungsi yang  berbeda-beda. Sel darah nerah berfungsi untuk menghasilkan oksigen, sel plasma darah berfungsi untuk mengangkut zat-zat makanan, sel keeping darah berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah, dan sel darah putih berfungsi sebagai antibody atau sistem kekebalan tubuh.

2. Macam-macam jaringan pada tumbuhan
Jaringan yang terdapat pada tumbuhan pun terdiri atas  beberapa macam antara lain jaringan epidermis, jaringan pengangkut, jaringan penguat, jaringan mesofil, jaringan parenkim dan jaringan meristem.
  • Jaringan Epidermis Jaringan epidermis merupakan jaringan yang meliputi permukaan tumbuhan sehingga berfungsi untuk melindungi jaringan yang berada di sebelah dalamnya.
  • Jaringan Pengangkut Jaringan pengangkut terdiri atas xilem dan floem. Xilem berfungsi berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara tanah dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
  • Jaringan Penguat Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas sel-sel yang tebal dan kuat. Jaringan ini berfungsi sebagai penyokong tubuh tumbuhan.
  • Jaringan Mesofil Jaringan mesofil mengandung banyak kloroplas sehingga jaringan ini berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis.
  • Jaringan Parenkim Jaringan parenkim dapat terspesialisasi menkadi bentukbrntuk lainnya. Jaringan ini berfungsi untuk menyimpan air, menyintesis dan menyimpan makanan.
  •  Jatingan Meristem Jaringan meristem merupakan jaringan yang mempunyai kemampuan untuk selalu membelah dan dan mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi berbagai jaringan yang memiliki fungsi tertentu   

Sumber :
  • ·         Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk SMA Kelas X. Bandung : Yrama Widya

 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.