Friday, September 27, 2013

Tingkatan Organisasasi Kehidupan : Organisasi Kehidupan Tingkat Organ dan Sistem Organ


“Pada kesempatan kali ini, biologi kelas x sma .blogspot.com akam membahas mengenai organisasi kehidupan tingkat organ dan sistem organ. Postingan kali ini sengaja penulis suguhkan agar kalian dapat mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.”

Contoh Organ Pada Manusia
Organ merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jenis jaringan yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu di dalam tubuh organisme. Dengan adanya berbagai jaringan yang membentuk suatu organ, memungkinkan suatu organ mempunyai kemampuan untuk melaksanakan fungsi hidup yang beraneka ragam. Misalnya, jaringan saraf dan jaringan ikat yang menyusun organ otak dan bekerja sama untuk melaksanakan fungsi koordinasi. Jaringan epidermis, jaringan tiang, dan jaringan bunga karang menyusun organ daun dan bekerja sama untuk melaksanakan fungsi fotosintesis, transpirasi, serta pertukaran gas.

Contoh organ lainnya pada hewan adalah organ jantung yang berperan untuk memompa darah, organ paru-paru yang berfungsi untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida, organ telinga untuk mendengar, dan organ mata untuk melihat. Contoh organ pada tumbuhan, misalnya saja akar yang berfungsi untuk menyerap unsur-unsur hara dan air dari tanah atau ada juga akar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan tumbuhan, bunga untuk perkembangbiakan, dan akar untuk menyerap air dan batang yang berfungsi untuk menopang tubuh tumbuhan.

Organ Bunga Pada Tumbuhan
Sistem organ merupakan organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas tertentu yang saling berhubungan satu sama lainnya. Misalnya saja siatem pernafasan yang terbentuk dari kerjasama organ hidung, faring, laring, trakea, bronkus, dan paru-paru. Sistem pernafasan berfungsi untuk menyuplai oksigen dan membuang zat sampah berupa gas. Sistem, pencernaan terbentuk dari kerjasama organ mulut, kerongkongan, lambung, usus, hati dan pankreas. Sistem pencernaan berfungsi untuk melakukan pencernaan dan penyerapan sari-sari makanan.

Pada tumbuhan, pembagian organ-organ yang melakukan kerja spesifik dalam sistem organ tertentu tidak terlihat dengan jelas. Sistem organ itu sendiri di antaranya adalah sistem reproduksi, fotosintesis, penyerapan, dan pengangkutan. 

Sumber :
  • ·         Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk SMA/ MA kelas x. Bandung : Yrama Widya

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.