Friday, September 27, 2013

Tingkatan Organisasasi Kehidupan : Organisasi Kehidupan Tingkat Individu


“Pada kesempatan kali ini, biologi kelas x sms .blogspot.com akam membahas mengenai organisasi kehidupan tingkat individu. Postingan kali ini sengaja penulis suguhkan agar kalian dapat mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.”

contoh organisme uniseluler
Kata individu berasal dari bahasa latin individuum yang artinya tidak dapat dibagi. Oleh karena itu, individu diartikan sebagai makhluk hidup tunggal (sendiri). Misalnya satu bakteri, sepohon pinus, seekor domba, dan seorang manusia.

Individu dapat berupa organisme yang memiliki sel tunggal yang disebut uniseluler juga dapat  berupa organisme yang memiliki sel banyak yang disebut multiseluler. Contoh organisme bersel tunggal (uniseluler) yaitu bakteri dan protozoa. Sedangkan contoh organisme bersel banyak (multiseluler) adalah seorang manusia, seekor kadal, seekor kucing, sebatang pohon mangga. Organisme itu naik itu yang bersel tunggal maupun bersel banyak  dikatakan sebagai individu.

Contoh organisme multiseluler
Perbedaan antara individu uniseluler dan multiseluler adalah individu uniseluler tidak terbentuk dari sistem-sistem organ karena tubuhnya hanya tersusun dari satu sel, sedangkan individu multiseluler terbentuk dari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan. Setiap sistem organ tidak dapat melaksanakan fungsinya sendiri-sendiri, artinya sistem organ yang satu memiliki ketergantungan kepada sistem organ yang lainnya.

Misalnya saja pada manusia, semua sistem organ yang terdapat pada manusia memiliki ketergantungan satu sama lain. Peredaran darah tidak akan berfungsi dengan baik jika terjadi gangguan pada sistem pernapasan. Karena untuk memompa darah, jantung tidak dapat bekerja secara optimal maka peredaran oksigen dan sari-sari makanan pada tubuh akan terganggu pula. Hal ini dapat berakibat fatal bagi tubuh secara keseluruhan. 

Sumber :
  • ·         Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk SMA/ MA kelas x. Bandung : Yrama Widya

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.