Thursday, October 1, 2015

Apa itu Virus?

“Hai guys,..... biologi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Virus. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.”

Menurut Keeton (1986:1023), kata virus berasal dari bahasa Latin, yakni virion yang berarti racun. Virus ditemukan pada abad ke-19. Awalnya, Louis Pasteur dan Robert Koch mengisolasi beberapa patogen (penyebab penyakit) pada manusia dan hewan peliharaan. Akan tetapi, ketika dilakukan isolasi beberapa penyakit, salah satunya cacar air, tidak ditemukan mikroorganisme sebagai penyebabnya.

Kemudian, pada 1796 seorang ilmuwan yang bernama Edward Jenner menemukan bahwa cacar air dapat menyerang orang sehat. Dia melakukan percobaan dengan mengambil nanah dari penderita cacar, kemudian, disentuhkan kepada orang sehat. Beberapa hari kemudian orang sehat tersebut menderita cacar air.

Pada 1892, seorang ilmuwan Rusia yang bernama Dimitri Ivanovsky meneliti sejenis penyakit yang menyerang tanaman tembakau. Penyakit tersebut dinamakan penyakit mosaik (Tobacco mosaic). Penyakit tersebut menyerang daun sehingga daun tampak berbintik dan keriput. Ivanovsky mengekstrak daun yang terserang penyakit tersebut. Lalu, ekstrak tersebut disaring menggunakan saringan bakteri. Ivanovsky kemudian mengoleskan hasil saringan pada tanaman yang sehat. Tanaman sehat tersebut akhirnya terserang penyakit.

Dari percobaannya, Ivanovsky berkesimpulan dua hal. Pertama, penyakit yang menyerang tanaman disebabkan oleh zat kimia. Zat kimia tersebut dihasilkan oleh bakteri yang tidak tersaring oleh saringan bakteri. Kedua, penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri patogen yang berukuran sangat kecil. Selama beberapa waktu, para ilmuwan masih beranggapan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang berukuran sangat kecil.

Pada 1935, akhirnya seorang ilmuwan yang bernama W.M. Stanley berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus penyakit mosaik pada tembakau (Tobacco mosaic virus). Stanley menyimpulkan bahwa virus dan bakteri itu berbeda. Hal tersebut didasarkan pada hasil dari percobaannya, yakni apabila kristal disuntikkan pada tanaman tembakau, virus yang dikristalkan tersebut menjadi aktif, kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Hal tersebut menunjukkan bahwa virus bukanlah sebuah sel, melainkan suatu kesatuan kimia sederhana. Adapun bakteri adalah sebuah sel dan tidak dapat dikristalkan. Bagaimanakah ciri-ciri dan struktur virus? Agar Anda lebih mengerti, pelajari uraian berikut dengan baik.

Sumber :

Nurhayati, Nunung.2013. Biologi : Untuk SMA/ MA Kelas X (Peminatan). Bandung : Yrama Widya 

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.