Thursday, October 1, 2015

Pengelompokan Virus

“Hai guys,..... biologi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Pengelompokan Virus. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.”

Virus dikelompokan berdasarkan tempat hidupnya, molekul yang menyusun asam nukleat, dan punya tidaknya selubung virus.

1. Berdasarkan Tempat Hidupnya

Berdasarkan tempat hidupnya virus dikelompokan menjadi tiga, yakni virus bakteri (bakteriofage), virus tumbuhan, dan virus hewan.
  • Virus Bakteri (Bakteriofage) Bakteriofage merupakan virus yang berkembang biak di dalam tubuh bakteri. Ilmuan pertama yang menemukan virus ini adalah D’Harelle, seorang ilmuan Perancis. Struktur tubuh virus jenis ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan jenis virus lainnya. Tubuhnya terdiri dari beberapa bagian, yakni ; kelapa yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Pada bagian kepala virus ini terkandung dua pilinan DNA. Bagian leher berfungsi untuk menghubungkan bagian kepala dan leher. Sedangkan bagian ekor berfinhsi untuk memasukan DNA virus ke dalam sel inangnya.
  • Virus Tumbuhan Virus jenis ini merupakan virus yang berkembang biak di dalam sel tumbuhan. Contohnya, Tobacco Mozaik Virus (TMV) dan Beet Yellow Virus (BYV).
  • Virus Hewan  Virus jenis ini merupakan virus yang berkembang biak di dalam sel hewan. Contohnya, Virus Poliomylitis, Virus Vaccina, Virus Influenza.

2. Berdasarkan Molekul yang Menyusun Asam Nukleat

Berdasarkan molekul yang menyusun asam nukleatnya, virus dikelompokan menjadi :
  • Virus dengan DNA pita tunggal (DNA ss)
  • Virus dengan DNA pita ganda (DNA ds)
  • Virus dengan RNA pita tunggal (RNA ss)
  • Virus dengan RNA pita ganda (RNA ds)

3. Berdasarkan Punya atau Tidaknya Selubung Virus

Berdasarkan punya atau tidaknya selubung virus, virus dibedakan menjadi dua, yaitu virus yang memiliki selubung dan virus yang tidak memiliki selubung.
  • Virus yang memiliki selubung (Enveloped Virus)  Virus yang termasuk kelompok ini merupakan virus yang memiliki nukleokapsid. Nukleokapsid itu dibungkus oleh membran yamg disusun oleh dua lipid dan protein, biasanya glikoprotein. Membran ini befungsi sebagai struktur yang pertama-tama berinteraksi dengan inangnya. Contoh virus yang termasuk kelompok ini yaitu Hervesvirus, Coronavirus, dan Orthomyxovirus.
  • Virus yang tidak memiliki selubung   Virus yang termasuk kelompok ini tidak mempunyai nukleokapsid, hanya memiliki kapsid (protein) dan asam nukleat (naked virus). Contoh virus yang termasuk kelompok ini yaitu Retrovirus, Papovavirus, dan Adenovirus.

Sumber :
Nurhayati, Nunung.2013. Biologi : Untuk SMA/ MA Kelas X (Peminatan). Bandung : Yrama Widya 

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.