Thursday, November 5, 2015

Peran Kingdom Protista Bagi Kehidupan

“Hai guys,..... biologi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang peran kingdom Protista bagi kehidupan. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua agar mampu menyajikan ciri-ciri umum phylum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan.”

Kingdom Protista memiliki peranan bagi kehidupan. Peran tersebut dapat menguntungkan dan juga dapat merugikan. Berikut akan diuraikan mengenai peranan kingdom Protista bagi kehidupan.

1. Peran Protista yang Merugikan

Anggota Kingdom Protista ada yang merugikan, contohnya pada Protozoa. Sebagian besar anggota Protozoa merupakan patogen pada manusia dan hewan, contohnya phylum Rhizopoda. Pernahkah Anda mengalami disentri? Disentri merupakan suatu penyakit dengan gejala buang air besar bercampur lendir. Penyebabnya adalah Entamoeba dysentriae. Contoh lainnya, yaitu Entamoeba histolitica yang menyebabkan amebiasis.

Phylum lainnya adalah Zoomastigophora. Anggota Phylum ini umumnya patogen. Contoh dari Phylum Zoomastigophora adalah Trichomonas vaginalis, yang menyebabkan penyakit kelamin pada wanita; Leishmania tropica, penyebab penyakit kulit; dan Trypanosoma gambiense, penyebab penyakit tidur.

2. Peran Protista yang Menguntungkan

Selain dapat merugikan, anggota Protista ada yang menguntungkan. Umumnya dari kelompok alga. Sebagai Protista yang mirip tumbuhan, alga merupakan produsen bagi organisme lain di suatu ekosistem, khususnya di ekosistem perairan.

Selain itu, alga juga memiliki peran yang bermanfaat bagi organisme lain. Contohnya, sebagai bahan pangan, bahan obat-obatan, dan bahan dasar kosmetika. Perhatikan contoh spesies alga yang memiliki peran menguntungkan berikut.
  • Gracilaria bermanfaat untuk bahan pangan
  • Eucheuma bermanfaat untuk bahan pangan dan kosmetik
  • Diatom bermanfaat untuk alat gosok, isolator panas dan bahan pembuat cat
  • Gellidium bermanfaat untuk bahan pembuat agar-agar
  • Chlorella bermanfaat untuk bahan pangan, bahan campuran pasta gigi

Selain itu, alga juga dapat dibudidayakan menjadi bahan dasar berbagai macam produk, seperti makanan dan bahan-bahan kosmetik.

Sumber :
  • Firmansyah, Rikky. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi 1 : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Materi Lainnya :Kingdom Protista klik
Klasifikasi Protista klik

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.